Logo Senin, 20 November 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Ilustrasi.

BEKASI, KORANMETRO.com - Tantangan besar pebisnis pemula harus dihadapi suka tidak suka mau tidak mau. Itu adalah proses sukses.

Pebisnis berpengalaman harus melewati tantangan itu, tidak peduli betapapun sulitnya sebut saja membuat brand dan membesarkannya, bertahan dalam persaingan dan tetap untung dalam berbisnis tetap menjadi tantangan besar tidak peduli lama pengalaman Anda dalam berbisnis.

Tantangan besar pebisnis pemula ini akan memberikan kesulitan tersendiri khususnya jika tingkat kesulitannya cukup tinggi. Jika Anda berpikir untuk menjadi pebisnis atau Anda baru saja resmi menjadi pebisnis maka persiapkan diri untuk 8 tantangan besar ini:

Meninggalkan Karir Lainnya.

Jika Anda akan mendedikasikan diri untuk memulai dan mengembangkan bisnis, maka hampir mustahil untuk mempertahankan karir di bidang lainnya. Anda mungkin sanggup mengatur kesibukan bisnis di waktu senggang seperti akhir pekan, atau malam hari, namun jika Anda ingin perubahan dalam bisnis suka tidak suka Anda harus pandai mengatur strategi.

Meninggalkan suatu hal yang pasti dan jelas di depan mata untuk sesuatu yang tidak dapat ditebak sangatlah menakutkan apalagi jika Anda pebisnis pemula. Sanyangnya memang tidak ada cara mudah untuk mengatasi kesulitan ini. Berpikirlah secara logis dan jangan abaikan insting Anda.

Keuangan.

Pebisnis berpengalaman tidak mendapatkan kemerdekaan finansial dengan mudah apalagi mencari modal bisnis, namun jelas mereka memiliki keuntungan dibandingkan pebisnis pemula.

Itu sebabnya keuangan atau permodalan merupakan tantangan besar pebisnis pemula. Mungkin saja modal didapat dari hasil penjualan bisnis sebelumnya atau tabungan gaji kerja kantoran yang telah terkumpul sekian lama dan direncanakan untuk modal berbisnis.

Sebagai pebisnis maka Anda akan memulai semuanya dari “nol” jika kegagalan melanda. Oleh karena itu teruslah perbanyak jaringan bisnis Anda dan gunakan berbagai kemungkinan modal bisnis yang ada sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam berbisnis.

Kerjasama Tim.

Ini akan terasa sulit jika Anda belum berpengalaman mengatur sebuah tim sebelumnya sekalipun Anda memiliki pengalaman manajerial, memilih tim yang tepat untuk mengembangkan bisnis sangatlah sulit.

Tidaklah cukup memilih calon anggota tim dengan berbagai perannya, Anda juga harus mempertimbangkan biaya anggota tim untuk bisnis Anda, budaya kerja mereka, dan cara kerja mereka yang akan mempengaruhi bisnis secara keseluruhan. Pertimbangan semacam itu sangatlah sulit terutama saat Anda ditekan waktu untuk segera mengisi posisi tim dalam bisnis Anda.

Menjadi Visioner.

Sebagai pendiri sebuah bisnis, Anda dituntut untuk selalu muncul dengan ide. Saat pesaing muncul, maka tanggungjawab Anda semakin besar untuk memberikan rencana tanggapan. Saat tim Anda menghadapi kebuntuan, tugas Anda untuk mengatasinya dengan rencana alternatif untuk tetap maju.

Kondisi ini menuntut kreativitas cepat. Semakin minim pengalaman Anda semakin besar tekanan yang Anda dapatkan dari situasi ini, dan semakin sulit untuk mendapatkan rencana alternatif yang dibutuhkan.

Berurusan dengan Keraguan.

Berapa lama bisnis Anda akan bertahan? Seberapa untungkah bisnis Anda? Akankah konsumen membeli produk Anda? Tidak ada jawaban yang jelas dari pertanyaan itu.

Unsur keraguan itu berarti kerja Anda tidak akan berhenti, dan banyak rencana jangka panjang yang harus dijalankan seiring perkembangan bisnis Anda. Menghadapi situasi ini merupakan tantangan besar pebisnis pemula harus pandai mengatasinya.

Kesendirian.

Kesendirian jarang diungkap sebagai tantangan pebisnis pemula harus tahu, dan banyak pebisnis tidak siap akan hal ini sampai kondisi ini benar-benar terjadi. Menjadi pebisnis bisa berarti sepi, Anda sendiri. Yang berarti Anda tidak akan memiliki siapapun untuk diandalkan, Andalah andalan tim, keluarga dan partner bisnis Anda.

Anda akan bekerja sangat keras untuk menjamin kemajuan bisnis Anda sehingga sedikit waktu untuk orang tersayang, dan keluarga. Karyawan Anda pun akan memiliki jarak dengan Anda karena harus mengikuti ritme sukses yang Anda bangun.

Membuat Aturan.

Mungkin menyenangkan menjadi bos sampai pada saat Anda harus menegakan aturan. Cepat atau lambat Anda harus menetapkan aturan main dalam bisnis Anda untuk diikuti, mulai dari berapa lama liburan yang bisa didapatkan karyawan sampai prosedur standar untuk menjaga kualitas bisnis Anda tetap prima. Aturan semacam ini tidaklah menyenangkan untuk dibuat, apalagi dipikirkan namun kesemua aturan itu penting untuk semua jenis bisnis.

Mengambil Keputusan.

Percaya atau tidak mungkin hal ini situasi paling menantang di antara tantangan besar pebisnis pemula lainnya. Pebisnis pemula dipaksa mengambil ratusan keputusan dalam sehari, mulai dari keputusan besar yang mempengaruhi bisnis sampai keputusan kecil yang menghabiskan waktu.

Kelelahan dalam mengambil keputusan merupakan fenomena nyata yang harus dihadapi pebisnis pemula. Siapapun pebisnisnya pasti akan mengalami hal ini dan jika mereka tidak siap depresi bisa menerpa pikiran.

Jika Anda dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan pebisnis pemula ini, hampir pasti Anda akan sukses mengembangkan diri sebagai pebisnis. Perlu diingat bahwa tantangan ini akan selalu datang sekalipun Anda sudah sangat berpengalaman.

Kuncinya adalah kesiapan Anda dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut yang bisa bervariasi bentuknya namun tetap sama esensinya. Semakin Anda siap dan fokus maka semakin sukses Anda mengatasi tantangan besar pebisnis pemula tersebut. (jek)

CV Mufakat Jaya siap membantu pendirian perusahaan Anda baik CV, PT, UD, PO, Koperasi, dan Yayasan di wilayah Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Hubungi 081285833108.