Logo Senin, 20 November 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Nunak, orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus), menguap di dalam kandangnya di Kebun Binatang Usti nad Labem, Usti nad Labem, Republik Ceko, Selasa (3/1/2017).(ist/ant)

JAKARTA, KORANMETRO.com - Seekor bayi orangutan berusia tiga minggu mempesona pengunjung kebun binatang Ceko dalam penampilan publik pertamanya dengan menempel erat pada induknya dan mencoba memanjat dengan canggung.

Bayi orangutan yang diberi nama Cantik itu jenis kelaminnya belum diidentifikasi sekalipun para pawangnya meyakini sebagai betina. Ia dilahirkan di kebun binatang Usti nad Labem bulan lalu.

Ia adalah anak kelima dari induknya, Nuninka, yang ikut menemaninya tampil pada Selasa. Cantik yang merupakan anak dari pejantan bernama Nunak, yang tampil di film Ceko pada 1989 berjudul "Dua orang di kebun binatang", dalam kondisi sehat, menurut kebun binatang.

"Kelahirannya bebas masalah dan sangat cepat. Pawangnya memiliki kesempatan untuk menyaksikannya. Bayi itu dilahirkan, induknya dibersihkan dan sekarang bayi itu tumbuh dengan baik," kata juru bicara kebun binatang Vera Vrabcova yang dilansir Jumat (6/1/2017).

Bayi pertama Nuninka tak berumur panjang tapi tiga anaknya yang jantan telah dipindahkan ke kebun binatang lain di Jerman dan Belanda.

Orangutan hidup sampai usia 40 tahun di alam liar, tetapi dapat hidup hingga usia 50 tahun jika mereka di penangkaran.

Orangutan betina hanya bisa melahirkan setiap lima tahun, yang berarti dia biasanya tidak akan memiliki lebih dari sekitar lima bayi sepanjang hidupnya. Spesies kera besar itu adalah spesies yang terancam punah di habitat aslinya di hutan-hutan Asia Tenggara. Demikian laporan Reuters. (dav)