Logo Selasa, 21 November 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Pendestrian di wilayah Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur (ilustrasi : Alan)

JAKARTA, KORANMETRO.com  - Pejalan kaki merupakan kelompok pengguna jalan yang rentan menjadi obyek kecelakaan. Tidak hanya menjadi korban kecelakaan, kasus kecelakaan pejalan kaki juga marak dipicu oleh perilaku pejalan kaki yang tidak tertib, seperti menyebrang jalan tidak pada jembatan penyeberangan jalan atau zebra cross.

Hal tersebut disebabkan oleh fasilitas pejalan kaki yang tidak aman, nyaman dan beralih fungsi tidak sesuai peruntukkannya. Sehingga pejalan kaki kehilangan haknya dan menggunakan badan jalan dalam beraktifitas, hal ini berkontribusi meningkatkan resiko menjadi korban kecelakaan LLAJ.

Kemudian, tingginya laju pertumbuhan kendaraan pribadi terutama di perkotaan seperti DKI Jakarta tidak dapat dicegah, kenaikannya dapat mencapai 12% per tahunnya.

Sedangkan jenis kendaraan pribadi yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada tahun 2016, berdasarkan data Korlantas Polri, didominasi oleh kendaraan roda dua yang mencapai angka 72%.

Jumlah sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada rentang waktu 2010 – 2016, dimana jumlahnya meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Kedua faktor tersebut diatas yang berkontribusi dalam meningkatkan kecelakaan LLAJ diangkat sebagai topik Sharing Session Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017.

Yayat Supriatna selaku Pengamat Perkotaan menegaskan, melalui IRSA diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi setiap kota untuk memiliki perencanaan pembangunan kota yang lebih baik lagi, khususnya dengan tingkat keselamatan yang baik dalam lalu lintas maupun fasilitas agar dapat berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Kami harap semoga lebih banyak lagi kota yang memikirkan dengan serius pembangunan fasilitas perkotaan yang berkeselamatan seperti trotoar, Zebra Cross serta fasilitas lalu lintas lainnya agar tercipta keselamatan berkendara maupun pejalan kaki di berbagai kota di Indonesia," ungkapnya,

Sharing Session IRSA merupakan forum diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2017 dengan instansi terkait jelang penentuan ajang penghargaan IRSA 2017.