Logo Rabu, 13 Desember 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perhubungan Jakarta Timur, Mohammad Soleh.

JAKARTA, KORANMETRO.com - Kinerja Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perhubungan Jakarta Timur, Mohammad Soleh, patut diacungi jempol. Pasalnya, pria yang dikenal bersahaja ini meniru etos kerja Presiden Jokowi yaitu rajin blusukan ke lapangan dengan menggunakan sepeda motor.

Hal ini diutarakan beberapa anak buahnya yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pimpinannya itu tidak hanya memberikan pengarahan atau perintah di kantor saja layaknya seorang 'bos' tetapi mau juga turun ke bawah memantau langsung hasil kinerja jajarannya.

"Bapak itu bisa dikatakan rutin blusukan ke lapangan. Terutama di jam-jam sibuk saat kemacetan lalu-lintas. Malah pernah juga tidak janggung turut mengatur lalu-lintas," papar salah satu staf di terminal Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/11/2017).    

Bahkan sering hingga larut malam berdinas. Saat hal itu dikonfirmasi, Mohammad Soleh mengatakan bahwa itu merupakan bagian daripada tugas yang diembannya sebagai Kasudin Perhubungan di wilayah Jakarta Timur. "Aahh itu biasa saja. Itu bagian dari tugas dan pekerjaan saya gak ada yang istimewa," jelasnya saat disambangi di sela-sela kesibukannya.  

Dia memaparkan sebagai PNS (pegawai negeri sipil-red) harus bisa memberikan kinerja yang optimal dalam mendukung seluruh program yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, termasuk setelah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan. Termasuk program Oke Trip yang sedang digodong Pemprov DKI Jakarta.

"Infrastruktur di kawasan Jakarta Timur sudah siap untuk OK-Trip. Kami tinggal menunggu perintah dari pimpinan di tingkat Dinas," ujarnya lagi.

Soleh mengatakan, trayek angkutan umum yang akan terintegrasi dengan OK-Trip sudah tersebar hingga sejumlah wilayah hunian warga di Jaktim.

"Dengan begitu masyarakat akan mendapatkan pelayanan transportasi yang semakin baik. Ditambah dengan biaya yang lebih murah jika nanti dilaksanakan," kata dia.

Diungkapkan Soleh, saat ini jumlah petugas Sudin Perhubungan yang dimiliki sebanyak 401 orang terdiri dari petugas PNS dan PHL. Selain itu juga ada sebanyak 230 pegawai kontrak yang siap dikerahkan kapanpun.

"Nantinya peran petugas tersebut akan dioptimalkan demi mensukseskan program OK-Trip," terang dia.

Seperti diketahui, program OK-Trip merupakan janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno pada pilkada lalu.

Anies-Sandi akan mengintegrasikan semua transportasi massal dari titik pemukiman warga sampai ke titik tujuan. Sistem transportasi terintegrasi tidak hanya Transjakarta, melainkan semua angkutan kota dan angkutan feeder. (indra)