Logo Sabtu, 19 Agustus 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Kepala Desa Segara Makmur, H. Agus Sofyan SE bersama Kepala BPD Segara Makmur, H. Carsim tampak berpose di papan kegiatan usai memantau pembangunan Kantor Sekretariat Lembaga Desa Segara Makmur. (foto: tahar)

BEKASI, KORANMETRO.com - Untuk terlaksananya penggunaan anggaran dana desa yang transparan, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), H. Agus Sofyan SE, mensosialisasikan pentingnya transparansi anggaran dana desa (ADD) agar penggunaanya dapat diketahui dan diawasi oleh masyarakat. Hal tersebut disosialisasikan H Agus kepada masyarakat Desa Segara Makmur Kabupaten Bekasi pada Minggu (9/7/2017) kemarin.

Dengan adanya papan kegiatan diharapkan masyarakat bisa mengetahui anggaran yang dikeluarkan melalui informasi yang tercantum dalam kegiatan tersebut. Sekaligus mengajak kepada semua lapisan masyarakat agar dalam penggunaan anggaran dana desa perlu adanya upaya pengawalan dan pengawasan di dalam pemerintahaannya.

"Ini adalah uang rakyat, uang negara, perlu adanya pengawasan dan pengawalan. Masyarakat wajib mengawasi anggaran yang dikeluarkan serta ikut andil dalam membangun desa," ujar H Agus di sela sela kesibukannya memantau pembangunan kantor Sekretariat Lembaga Desa di Komplek Desa Segara Makmur pada Minggu (9/7/2017) kemarin.

Agus Sofyan yang juga merupakan Kepala Desa Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi, selain mempersilahkan masyarakat untuk mengawal dan mengawasi anggaran dana desa juga sebagai jawaban atas tantangan Camat Tarumajaya Drs. Dwy Sigit Andrian MM yang menyatakan bahwa Kepala Desa yang berada di wilayah Kecamatan Tarumajaya harus berani memasang papan pemberitahuan di setiap adanya kegiatan pembangunan desa agar masyarakat bisa mengetahui anggaran tersebut.

Tantangan tersebut disampaikan Dwi Sigit selaku Camat Tarumajaya saat memaparkan tidak lanjut peningkatan jalan di Kampung Bulak Turi Desa Segara Makmur hingga Kampung Tanah Baru Bulak Desa Pantai Makmur yang kondisinya rusak parah bersama Dinas PUPR, Bapeda dan Dinas Irigasi (PJT) beberapa waktu lalu di Aula Gedung Kantor Desa Segara Makmur.

Terkait dengan transparansi anggaran tersebut, Camat Tarumajaya, Dwy Sigit memberikan apresiasi setinggi tingginya terhadap Kepala Desa Segara Makmur yang berani menjawab tantangannya.

"Saya sangat apresiasi setinggi tingginya kepada Kepala Desa terutama Kepala Desa Segara Makmur yang sudah memberi contoh transparansi anggaran, semoga ini bisa diikuti oleh kepala desa lainnya agar semua elemen masyarakat bisa memonitor, mengawal dan mengawasi kemana saja aliran dana tersebut digunakan. Masyarakat harus mengetahui untuk apa saja uang negara itu dipergunakan," ujar Sigit kepada KORANMETRO.com. (tahar)