Logo Senin, 16 Juli 2018
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Apel razia pengelolaan sumur resapan dan instalasi pengolahan air limbah serta pemanfaatan air tanah dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku di DKI Jakarta.

JAKARTA, KORANMETRO.com - Untuk memastikan  pengelolaan sumur resapan dan instalasi pengolahan air limbah serta pemanfaatan air tanah dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan razia 80 gedung yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

"Pagi ini kita menyelenggarakan apel bersama untuk mengecek kesiapan tim pengawasan terpadu yang akan mulai turun lapangan melakukan pengawasan atas penyediaan air sumur resapan dan pengolahan air limbah," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya saat memimpin apel di lapangan kantor Astra Argo Lestari, Kawasan Industri Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur, Senin (9/7/2018) kemarin.

Menurut gubernur Anies, pengawasan itu tidak lanjut kegiatan sama yang sudah dilakukan pada gedung perkantoran serta hotel. Jadi saat ini kata dia,  dilakukan di daerah industri dan dilanjutkan pengawasan dipemukiman warga.

Lebih lanjut Anies menambahkan, pengawasan dilakukan selama delapan hari. Pemprov menurut Anies, akan menerjunkan Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah untuk Bangunan Industri.

Anies juga membantah seolah-olah mencari kesalahan pengusaha. Kata dia, langkah pengawasan sebagai bagian dari ketegasan Pemprov dalam menegakan aturan.

"Kita bukan cari siapa pelanggar, tetapi yang kita lakukan merubah perilaku dalam kegiatan di Jakarta. Yang diinginkan bukan daftar pelanggar, tapi daftar perbaikan kemajuan dalam pengelolaan lingkungan hidup," ujar Anies

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu juga berharap seluruh tim pengawas bekerja sesuai aturan dan tim diminta bertindak tegas apabila ada pengelola gedung yang menyalahi aturan. Ia juga mengingatkan kepada pengelola agar bersikap kooperatif selama dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

"Dalam laksanakan tugas nanti, saya minta satu, pegang seluruh aturan dengan tegas. Bawa semua ketentuan pastikan pemeriksaan tak ada yang terlewat. Jangan sungkan seakan kita cari kesalahan, tidak. Kita sedang rubah perilaku cara berkegiatan lingkungan kita," pungkasnya. (potan simamora)