Logo Selasa, 24 April 2018
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Tampak Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes M. Awal Chairudin bersama Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahya Purnama (Ahok) saat pengamanan Ibadah Natal di sejumlah Gereja Wilayah Jakarta Utara. (foto: tahar/ Kompol HM Sungkono).

JAKARTA, KORANMETRO.com - Usai berlangsungnya perayaan Natal 2016 yang telah berlangsung aman dan lancar dari berbagai wilayah di Jakarta Utara, Kepolisian Resort Jakarta Utara mendapat pujian dan terimakasih dari masyarakat khususnya umat kristiani.

Hal tersebut tak lepas dari pengamanan persuasif yang dilakukan jajaran Polres Jakarta Utara agar umat kristiani yang berada di wilayah hukum Polres Jakarta Utara dapat melaksanakan perayaan / ibadah Natal dengan lancar dan khidmat. Mulai malam Natal hingga perayaan Natal.

Suasana kondosif terlihat dari semua gereja di wilayah Jakarta Utara tak terkecuali Gereja Kristus Yesus (GKY) Pluit, Jakarta Utara. Dimana Gubernur DKI Jakarta non aktif yang tengah tersandung dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama melaksanakan Ibadah Natal.

Ahok yang hadir bersama istrinya Veronica Tan dan putra sulungnya Nicholas Sean Purnama pada pukul 09.45 WIB pada Minggu (25/12/2016) lalu. Terlihat khidmat mendengarkan Khotbah dari Pendeta Hasan.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes M. Awal Chairudin yang terjun langsung untuk melakukan pengamanan suasana ibadah Natal kepada awak media mengatakan bahwa sebanyak 192 Gereja yang ada di wikayah Kota Administrasi Jakarta Utara menjadi atensi pengamanan pihak kepolisian.

Dan dari total 192 gereja, terdapat 37 gereja yang mendapat atensi lebih karena memiliki tingkat kerawanan tinggi juga memiliki jemaat yang jumlahnya mencapai ribuan jemaat.

"Untuk jumlah pengamanan di lapangan, jumlahnya bisa di atas 1000 personel gabungan. Minimal di satu gereja yang ada di Jakarta Utara, ada 8 - 10 personel gabungan keamanan, untuk gereja kapasitas besar, kita siapkan security checking door bekerja sama dengan pengurus gereja,"  jelas Awal didampingi Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara AKBP Yuldi Yusman di Mapolres Jakarta Utara pada Senin (26/12/2016).

Dari keterangan Kasubbag Humas Polres Jakarta Utara Kompol HM.Sungkono, kepada KORANMETRO.com menyatakan bahwa saat perayaan Natal pada Sabtu (24/12/2016) malam, Kapolres beserta Wakapolres, Kabag Ops, Kasat Reskrim dan kasat intel bergabung dengan Muspika terjun langsung memantau penanganan keamanan ke Gereja Yakobus, Gereja Tongkronan Toraja, Gereja Kim Tai Goon dan Gereja Stella Maris Pluit.

Sedangkan pada Minggu (25/12/2016), Kapolres beserta jajarannya kembali turun untuk pengamanan di Gereja Kristus Yesus dan Stella Maris. (har)