Logo Selasa, 26 September 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Buah Murbei.

BEKASI, KORANMETRO.com - Murbei, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan buah satu ini. Murbei atau dikenal dengan nama arbei, merupakan tanaman buah perdu yang memiliki buah menyerupai strawberry, namun terdiri dari butiran-butiran buah yang membentuk koloni.

Selain rasanya yang enak, buah murbei juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya mencegah perkembangan sel tumor, mengobati sariawan, mencegah kanker, mencegah penyakit liver, mengobati tifus, dan masih banyak lainnya.

Dalam hal budidayanya, buah murbei ini mudah tumbuh dan tidak membutuhkan lahan dengan kriteria khusus. Anda pun bisa menanam buah ini dalam pot alias tabulampot.

Lantas, sulitkah membuat tabulampot murbei? Jawabnya tidak. Nah, artikel ini diharapkan bisa menjadi referensi Anda.

Untuk mencoba menanam murbei dalam pot, hal pertama yang Anda butuhkan tentunya adalah bibit. Bibit murbei dapat Anda peroleh melalui stek.

Berikutnya adalah mempersiapkan media tanam. Media tanam murbei terdiri atas campuran tanah, kompos, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:0,5:0,5. Seluruh media tersebut dicampurkan hingga homogen. Kombinasi itu menjamin media porous sehingga murbei dapat tumbuh subur.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat ajir sebagai tempat murbei merambat sekaligus membentuk tanaman murbei rimbun.

Ajir ini biasanya terbuat dari bambu. Anda bisa merangkai bambu tersebut melingkar mengelilingi pot. Tinggi ajir dapat disesuaikan dengan tinggi murbei. Biasanya tinggi ajir sekitar 60 cm.

Untuk perawatannya, Anda cukup memberikan pupuk NPK seimbang dan pupuk guano saban 2 bulan, dosis masing-masing 2 sendok makan.

Mudah kan, tertarik mencobanya sendiri? (dya)