Logo Senin, 16 Juli 2018
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Sampah koran mendominasi ditinggalkan para jamaah usai melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KORANMETRO.com – Pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat berjalan dengan lancar diikuti belasan ribuan jamaah dari berbagai wilayah. Namun sayang, selepas salat, jamaah seenaknya meninggalkan sampah di lingkungan masjid terbesar se-Asia Tenggara ini.

Dari pantauan, kertas koran yang dipakai untuk alas mendominasi sampah berserakan di beberapa sudut Masjid Istiqlal, tidak hanya di halaman sampah kertas juga terlihat di lantai dua tepatnya di selasar masjid. Kertas koran bekas ini sebelumnya dijadikan alas duduk oleh jamaah.

Selain kertas, bungkus plastik dan botol air mineral menambah kumuh lingkungan Masjid Istiqlal. Sampah plastik datang dari bekas penyimpan sandal yang dijual oleh warga dengan harga Rp 1000 rupiah tiap helai. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan masjid terbilang masih rendah.

Pihak pengelola masjid berulang kali mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Namun, himbauan itu seakan tidak dihiraukan para jamaah.

Puluhan petugas kebersihan Masjid Istiqlal langsung membersihkan sampah kertas koran bekas menggunakan alat kebersihan. Sampah dimasukkan dalam kantong-kantong plastik hitam besar.

“Nanti kita buang aja, gak pernah dijual. Biasanya ada pemulung nanti kita kasih mereka aja,” kata pria yang mengaku Anton salah satu petugas kebersihan, Jumat (15/6/2018).

Menurutnya, sampah biasa akan terkumpul lebih dari sepuluh kantong sampah plastik berukuran besar. Dia pun menyayangkan kebiasaan jamaah yang setiap tahun selalu berulang. “Kalau dilarang kan gak bisa, harusnya kesadaran mereka saja,” kata dia. (rus/pkc)

Radja Konsultan Perizinan, siap membantu pengurusan dokumen legalitas perusahaan Anda dalam mendirikan PT, CV, UD, Koperasi, SIUP, TDP, TDUP, IUI, TDG, SIUP MB, IMB, KRK, IPTB, SLF, SKK, dll. Untuk wilayah Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Untuk info lengkap Hotline/WA: 081285833108. (Jack Rusto)