Logo Minggu, 24 Juni 2018
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Wakil Ketua Pansus RUU Antiterorisme Hanafi Rais.

JAKARTA, KORANMETRO.com –Sejumlah materi baru masuk di pasal-pasal UU hasil revisi UU Antiteroris yang disahkan DPR dan Pemerintah dalam rapat paripurna, Jumat (25/5/2018) kemarin. Salah satu yang menarik dalam UU Antiteroris yang baru ini adalah jaminan dari negara terhadap korban terorisme.

Artinya, negara akan menjamin biaya pengobatan bagi para korban aksi terorisme. Ketentuan ini juga akan berlaku surut bagi para korban yang memerlukan jaminan dari negara termasuk korban di masa lalu.

“Ada sejumlah pasal dalam UU Antiterorisme jauh lebih maju dari sebelumnya diantaranya perlindungan dari negara terhadap korban,” kata Wakil Ketua Pansus RUU Antiterorisme Hanafi Rais, usai pengesahan RUU.

Politisi PAN ini mengatakan, sebelum pembahasan hingga pengesahan hari ini, pasal-pasal itu tidak jelas. Baru diperjelas setelah dibahas bersama anggota DPR, dengan pertimbangan mereka menjadi korban dari situasi ketidak amanan.

“Setelah dilakukan pembahasan semua jadi berubah dan akhirnya kita sepakat dengan pemerintah bahwa ini jadi dimensi baru. Ada perlindungan korban, baik korban langsung dan tidak langsung yang harus ditanggung sepenuhnya oleh negara,” kata Hanafi.

Tidak hanya itu negara juga harus menjamin rehabilitasi korban. “Semua ini dijamin oleh negara dan khusus perlindungan korban bisa berlaku surut. Korban dalam kasus bom Bali, misalnya, harus menanggung beban sakitnya, baik secara fisik, psikologis, dan psikososial juga,” jelasnya.

Dengan adanya perlindungan dari negara bagi para korban, penderitaan mereka tidak berkali-kali. “Sudah menjadi korban, mereka masih harus menanggung beban hidup dan biaya pengobatan,” katanya. (dra/ant)

Radja Konsultan Perizinan, siap membantu pengurusan dokumen legalitas perusahaan Anda dalam mendirikan PT, CV, UD, Koperasi, SIUP, TDP, TDUP, IUI, TDG, SIUP MB, IMB, KRK, IPTB, SLF, SKK, dll. Untuk wilayah Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Untuk info lengkap hotline: 081510868686 / WA: 081285833108. (Jack Rusto)