Logo Selasa, 26 September 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

JAKARTA, KORANMETRO.com - Munculnya bintik gelap dan keriput merupakan dua tanda penting terjadinya penuaan pada kulit wajah kita.

Product Specialist Oriflame Indonesia Tussy Inggriani mengatakan kedua tanda ini disebabkan ketidaksempurnaan pigmen akibat produksi melanin secara berlebihan di sel kulit melanosit.

Inilah penyebab seseorang tidak terlihat seperti usia biologisnya. "Orang akan kelihatan lebih menua kalau terjadi hiperpigmentasi. Melanin bekerja aktif sekali menyebabkan perubahan warna kulit, sehingga tak rata," ujar dia di Jakarta.

Selain itu, tanda penting penuaan lainnya antara lain: kulit menjadi kusam, kulit bertekstur kasar, pori-pori membesar dan warna kulit tidak merata. Kemudian, munculnya ruam merah, kerut di sejumlah titik seperti di dahi, daerah T, ujung mata, di bawah mata dan di atas bibir, serta kulit mengendur.

"Tidak langsung muncul kerut, biasanya kulit akan terlebih dahulu teksturnya kusam, pori-pori membesar," tutur Tussy. Tanda penuaan juga pernah dialami penyanyi Rossa. Dia mengaku pernah memiliki keriput terutama di daerah mata dan bintik gelap.

"Wrinkle di daerah mata, karena aku senang ketawa kali ya (seraya terkekeh), lalu dark spot, mungkin karena kosmetik dan kecapekan," ujar dia Rossa dalam kesempatan yang sama. Dia mengaku menggunakan produk sesuai kebutuhannya dalam kasus ini.

Selain itu, sambung dia, melakukan perawatan sederhana bisa menjadi salah satu cara menjaga merawat kulit wajahnya. Perawatan yang dimaksud yakni mulai dari penggunaan krim wajah, pembersih wajah, menggunakan krim mata, serum dan krim malam serta pagi. 

"Pemakaiannya simple, krim muka, pembersih muka, pakai krim mata, serum biar cepat meresap, pakai krim pagi dan saat malam. Kalau keluar (beraktivitas di luar ruangan) baru pakai sunblock," kata Rossa. (dya/int)