Logo Selasa, 26 September 2017
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Mal Grand Metropolitan.

BEKASI, KORANMETRO.com - Kota Bekasi terkini bukan lagi halaman belakang Jakarta. Kawasan dengan populasi 5,5 juta jiwa ini telah bertransformasi menjadi destinasi investasi.

Tak cuma investasi di sektor industri dengan berdirinya pabrik-pabrik skala nasional dan multinasional, melainkan juga bisnis ritel, dan gaya hidup.

Bisnis ritel dan gaya hidup itu ditandai banyaknya pengembangan pusat belanja dengan ukuran raksasa dari berbagai kelas. Sebut saja yang sudah beroperasi Summarecon Mall Bekasi Tahap I seluas 80.000 meter persegi dari total rencana pengembangan 160.000 meter persegi, dan Grand Metropolitan Mall seluas 125.362 meter persegi.

Keduanya merupakan pusat belanja kelas menengah atas yang mengusung peritel-peritel besar macam Farmers Market, Best Denki, ACE Hardware, Toys Kingdom, Cinema XXI, Centro, Gold Gyms, atau Uniqlo.

Tak keliru jika Bekasi punya banyak potensi dengan ceruk pasar sangat luas, sehingga banyak peritel yang membuka gerainya di kawasan ini. ”Potensi Bekasi sangat besar dan lokasinya strategis,” kata CEO Farpoint Group, Jusup Halimi, seperti dilansir dari kotapatriot.com, Senin (29/8/2016).

Selain itu, pendapatan warga Bekasi juga menjadi bahan pertimbangan para pengembang untuk membangun mal. UMK terbaru kota Bekasi sebesar Rp 3.327.160. Sementara, UMK Kabupaten Bekasi mencapai Rp 3.261.375.

Dengan latar belakang itulah, Farpoint mau mengakuisisi pusat belanja Bekasi Square dan menyulapnya menjadi Revo Town sebagai pusat belanja kelas menengah.

Selain Farpoint, terdapat AEON Group. Dalam catatan Colliers International Indonesia, AEON Group masuk pasar Bekasi dengan mengembangkan pusat belanja seluas 90.000 meter persegi di Kota Deltamas. Pusat belanja ini akan diisi anchor tenant dan peritel-peritel lainnya yang masuk dalam tentakel bisnis AEON Group seperti AEON Department Store dengan berbagai merchandise-nya.

Di kelas yang sama, PT Metropolitan Land Tbk (Metland) juga akan membangun pusat belanja Metropolitan Mall Cibitung di dalam area pengembangan multifungsi Metland Millenial City seluas 70 hektar.

”Kami akan memulai proyek tersebut tahun 2017. Selain pusat belanja, akan terdapat apartemen, dan properti komersial lainnya. Proyek ini terintegrasi dengan Stasiun Cibitung,” papar Wakil Presiden Direktur Metland, Anhar Sudradjat.

Di kelas atas, PT Plaza Indonesia Realty Tbk berkolaborasi dengan PT Jababeka Tbk mengembangkan pusat belanja, yang terdiri atas 4 lantai dengan luas bangunan sewa 55.685 meter persegi.

Plaza Indonesia Realty menargetkan mal dalam pengembangan ukuran jumbo Mayfair Estate & Parklands, rampung September 2018 mendatang.

Seiring pertumbuhan populasi, jumlah kelas menengah, dan meningkatnya pendapatan, kebutuhan ruang komersial juga kian meningkat. Indikasinya, tingkat okupansi rerata pusat belanja di kawasan Bekasi selalu berada di atas 90 persen.

Di Summarecon Mall Bekasi saja, tingkat huniannya saat ini sudah berada pada level 95 persen dengan jumlah kunjungan sebanyak 70.000 pada hari biasa, dan akhir pekan 120.000 pengunjung. Sementara di Metropolitan Mall Bekasi, nyaris 100 persen terisi atau tepatnya 99,7 persen dengan tingkat kunjungan 100.000 orang pada hari biasa dan 150.000 pengunjung pada akhir pekan.

Fakta tersebut mengonfirmasi hasil riset Colliers International Indonesia yang menyebutkan serapan pusat belanja Bekasi 423.560 meter persegi dan hanya menyisakan ruang kosong seluas 70.155 meter persegi.

Hingga 2019 mendatang, Bekasi bakal dipadati oleh 25 pusat belanja yakni Summarecon Mall Bekasi, Bekasi Cyber Park, BTC I, BTC II, Mega Bekasi Hypermall, Metropolitan Mall, Grand Metropolitan Mall, Grand Galaxy Park, Bekasi Junction, Revo Town, Plaza Jababeka, Mal Lippo Cikarang, dan Grand Mall Bekasi.

Kemudian Prima Sentra Grosir Bekasi, Cikarang Trade Center, Sentra Grosir Cikarang, Plaza Metropolitan Tambun, Mal Pekayon, Bekasi Town Square, Blue Mall, Mayfair Estates and Parklands, Harapan Indah Mall, AEON Mall, Pollux Mall, dan Metropolitan Mall Cibitung. (jek/kpc)