Logo Minggu, 18 November 2018
images

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan .

JAKARTA, KORANMETRO.com - Janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menolak reklamasi di Teluk Jakarta, Jakarta Utara mulai dibuktikan.  Anies mencabut izin 13 pulau reklamasi.

"Per hari ini kegiatan reklamasi sudah resmi dihentikan. Reklamasi adalah bagian dari rencana masa lalu bukan bagian dari masa depan. Dan ini merupakan bagian dari realisasi janji kampanye pada Pilkada 2017 lalu," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018) kemarin.

Penghentian reklamasi tersebut Anies beralasan disebabkan adanya kesalahan terkait penerbitan izin pulau reklamasi tersebut.

"Pemprov DKI melakukan verifikasi keabsahan keberadaan pulau-pulau tersebut. Hasilnya Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta menemukan adanya kesalahan prosedur dari penertiban izin pulau reklamasi," lanjut Anies.
 
Menurut Anies Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara tersebut dibentuk melalui Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 pada 4 Juni lalu. "Sejak dibentuk badan tersebut bertugas melakukan klarifikasi atas seluruh kegiatan di Pantai Utara Jakarta," jelas Anies.

Sementara bagi wilayah yang sudah berdiri bangunan, kata Anies maka akan dipergunakan untuk masyarakat Ibukota. "Wilayah yang sudah terlanjur dan selesai menjadi pulau-pulau akan diberikan untuk masyarakat," pungkasnya. (indra)