Logo Kamis, 27 Juni 2019
images

E-KTP

BEKASI, KORANMETRO.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi akan mulai mencetak 10 ribu KTP Elektronik (e-KTP) pada minggu depan. Sebanyak 10 ribu KTP Elektronik yang dicetak ini diperuntukkan bagi warga yang sebelumnya sudah melakukan perekaman data diri.

“Sudah bisa kita cetak secara bertahap mulai Senin depan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Erwin Effendi, seperti dilansir Sabtu (15/4/2017).

Menurut Erwin, jumlah total blanko KTP elektronik baru yang dibutuhkan sekitar 100 ribu lembar.

“Tapi kita baru mendapat 10.000 lembar blanko dari Kementerian Dalam Negeri,” tukasnya.

Erwin lalu menjelaskan, proses pencetakan KTP elektrik dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, dan setelah tercetak, kemudian akan langsung didistribusikan ke masing-masing kantor kecamatan.

Bagi masyarakat yang berkas perekaman KTP elektronik miliknya belum diproses, Erwin mengimbau agar tetap bersabar.

“Pokoknya begitu yang 10 lembar ini habis, kami akan langsung meminta lagi ke kementerian,” tegasnya.

Selain itu, untuk keperluan persyaratan administrasi, Erwin mengatakan, masyarakat bisa menggunakan Suket atau surat keterangan seperti resi bukti kepengurusan KTP.

“Sesuai edaran dari Kemendagri, fungsi Suket ini sama seperti KTP, jadi bisa berlaku untuk semua kebutuhan masyarakat, dan saya yakin semua kantor pelayanan publik sudah mengetahuinya,” tutupnya. (jek)