Logo Jumat, 21 September 2018
Karirpad, Situs Lowongan Kerja Terpercaya
images

Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono memberikan sambutan pada acara Peresmian Ekspor Perdana Bir Bintang ke Amerika Serikat oleh PT Multi Bintang Indonesia Tbk di Tangerang. (ist/ant)

JAKARTA, KORANMETRO.com - Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada industri minuman beralkohol dalam negeri PT Multi Bintang Indonesia Tbk yang bisa menembus pasar ekspor ke Amerika Serikat (AS).

"Dengan keberhasilan ekspor perdana Bir Bintang oleh PT Multi Bintang Indonesia Tbk ke AS, tentu menjadi suatu terobosan baru mengingat ketatnya persaingan produk untuk dapat masuk pasar di sana," kata Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono melalui keterangannya di Jakarta.

Menurutnya, produsen minuman beralkohol di dalam negeri mampu memproduksi produk-produk jenis premium yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri sehingga juga dapat menjadi substitusi produk impor.

Bahkan, lanjutnya, meningkatnya jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara, ikut mempengaruhi peningkatan produktivitas industri minuman beralkohol di dalam negeri.

Namun demikian, Sigit memaparkan bahwa Kemenperin tetap berperan dalam upaya pengendalian dan pengawasan terhadap produksi dan mutu dari industri minuman beralkohol agar produknya aman dikonsumsi.

"Pembinaan yang dilakukan untuk industri ini adalah pengendalian dan pengawasan, mulai dari aspek perizinan, produksi, mutu hingga peredarannya," sebut Sigit.

Di samping itu, adanya penerapan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 1993 tentang Daftar Bidang Usaha yang tertutup Bagi Penanaman Modal.

"Artinya, sudah tidak dibuka investasi baru di bidang usaha industri minuman beralkohol ini," imbuhnya.

Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk Michael Chin menyampaikan, pihaknya sedang agresif dalam mengeksplorasi pasar baru untuk ekspor seperti ke Amerika Serikat.

"Kami sebelumnya ekspor ke Korea Selatan pada Mei 2018. Ini berarti Bir Bintang akan tersedia di empat benua di dunia, yakni Asia, Eropa, Australia, dan yang terbaru adalah Amerika Serikat," ujarnya.

Menurut Michael, ekspor Bir Bintang ke AS cukup menarik karena permintaannya yang tinggi dari kalangan peselancar Negeri Paman Sam itu setelah mereka melakukan perjalanan wisata ke Indonesia.

"Selain populer di kalangan peselancar AS, ditambah juga dengan menjamurnya restoran Asia Tenggara di sana, di mana cukup banyak konsumen yang mencari produk bir kita," tuturnya.

Hal tersebut merupakan kesempatan baik bagi PT Multi Bintang Indonesia Tbk untuk membawa cita rasa Indonesia ke pasar AS.

"Sebagai merek bir ikonik di Indonesia, Bir Bintang akan terus mempromosikan cita rasa Indonesia di AS," ucapnya.

Rencananya, Bir Bintang dijual dalam kemasan kaleng sesuai dengan tren terbaru di AS. (rus)

Ingin mengurus SIUP MB (Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol) di Kota Bekasi dan Jakarta, Radja Konsultan Perizinan siap membatu. Untuk info lengkap Hotline/WA: 081285833108. (Jack Rusto)