Logo Minggu, 18 November 2018
images


JAKARTA, KORANMETRO.com- Skuter elektrik Viar Q1 resmi diperkenalkan di Indonesia. Inovasi ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen dari PT Triangle Motorindo bersama Bosch dan Universitas Gajah Mada dalam mendukung pemerintah untuk bersama-sama memberikan perannya dalam mengurangi pemanasan global.

Ignatius Kartiman, President Direktur PT Triangle Motorindo mengatakan, dengan dihadirkannya motor listrik ini, setidaknya mampu menekan polusi serta upaya mengurangi pemanasan global.

"Oleh karena itu kami memberanikan diri untuk memulai memperkenalkan motor listrik supaya bisa mengurangi pemanasan global yang menjadi masalah dunia," katanya, di Balai Kartini Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Dengan kita memperkenalkan motor listrik ini, lanjutnya, maka tidak akan lagi ketergantungan dengan BBM. Selanjutnya Viar Q1 juga sebuah inovasi dan bentuk kontribusi.
Untuk perawatan motor listrik Viar Q1 tidaklah sulit.

"Karena motor ini tidak memiliki mesin yang membutuhkan pelumas setiap bulannya. Kalau harus ke bengkel, paling hanya melakukan penggantian ban saja," tandasnya.

Viar dilengkapi dengan sasis besi. Total seluruh bodi yang seberat 78,5 kg memiliki ukuran panjang 1.680 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.220 mm. Jarak terendah bodi dengan tanah 155mm sedangkan jarak antar kedua rodanya 1.060 mm.

Skuter listrik ini bergerak tanpa emisi, sumber tenaganya baterai alias aki tipe lithium ion 60v20AH berkapasitas maksimal 2 Kwh. Pengisian ulang menggunakan tegangan listrik rumahan 220 Volts selama 5 – 7 jam.

Tenaga maksimal yang dikeluarkan 800 Watts atau jika dikonversi sekitar 1 – 1,5 tk. Sekali terisi penuh, Q1 bisa dikendarai sampai sejauh 60 km, kecepatan maksimalnya 60 kpj.

Q1 memiliki sistem gerak e-Scooter merek Bosch yang terdiri dari e-motor dan Electronic Control Unit. Sistem gerak ini diklaim minim perawatan dan dirancang anti-kemasukan air.

Skuter listrik Viar Q1 dijual dengan harga Rp 16,2 juta, dengan skema pembiayaan bekerja sama dengan Adira Finance. Dan untuk konsumen yang melakukan pembelian saat ini bisa mendapatkan aksesoris seperti helm dan jaket. (Alan)