Logo Selasa, 25 September 2018
images

Surat edaran permintaan retribusi berdalih THR Rp200.000 berkop Seksi Dinas Kebersihan Jakbar untuk petugas penyapu jalan kepada pemilik restaurant di kawasan Tambora, Jakbar. (ist/pkc)

JAKARTA, KORANMETRO.com – Pemilik restauran di kawasan Tambora, Jakarta Barat resah dengan maraknya surat permintaan Tunjangan Hari Raya (THR) berkop surat Suku Dinas (Sudin) Kebersihan yang kini menjadi Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat. Masing-masing pemilik dimintai Rp200.000 untuk THR berkedok retribusi pengangkutan sampah.

“Tahun lalu kami juga terima permintaan THR seperti ini. Kami bingung. Jika tidak dipenuhi, nanti sampah kami tidak diangkut oleh mereka,” keluh Anwar, pemilik restauran di Tambora, Jakarta Barat.

Anwar dan pemilik restauran lainnya mempertanyakan permintaan retribusi Rp200.000 untuk petugas sapu jalanan. Permintaan tersebut sebagai partisipan THR Lebaran.

Saat dikonfirmasi Kepala Sudin LH Jakbar, Edy Mulyanto menjelaskan, kejadian itu bukan pertama kali. Tahun lalu juga terjadi dan pelakunya diamankan pihak berwajib.

“Kami tengah menelusuri siapa pelakunya kali ini. Apakah pelakunya sama seperti tahun lalu? Kalau iya berarti yang bersangkutan tidak ada kapok-kapoknya,” kata Edy.

Ia tidak pernah mengeluarkan surat edaran permintaan retribusi Rp 200.000 untuk petugas penyapu jalan dan THR. Sehingga dipastikan surat tersebut palsu.

Terkait hal ini Edy mengimbau setiap pemilik resto maupun tempat usaha lainnya supaya tidak menanggapi surat edaran yang mengatasnamakan Sudin LH Jakbar. Mengantisipasi agar tidak semakin melebar, pihaknya berkoordinasi dengan stakeholder maupun pejabat di tingkat kecamatan maupun kelurahan. (pkc/dra)

Radja Konsultan Perizinan, siap membantu pengurusan dokumen legalitas perusahaan Anda dalam mendirikan PT, CV, UD, Koperasi, SIUP, TDP, TDUP, IUI, TDG, SIUP MB, IMB, KRK, IPTB, SLF, SKK, dll. Untuk wilayah Jakarta, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Untuk info lengkap Hotline/WA: 081285833108. (Jack Rusto)