Logo Minggu, 18 November 2018
images

Walikota Jakarta Timur, M. Anwar menggelar Aksi Grebek Sampah dan Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Kelurahan Klender, Jakarta Timur.

JAKARTA, KORANMETRO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur menggelar Aksi Grebek Sampah dan Kebersihan Minggu Pagi (AKMP). Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Acara yang berlokasi di dua wilayah Kecamatan, Jakarta Timur dipimpin langsung oleh Walikota Jakarta Timur, M. Anwar. Kegiatan ini rutin diadakan setiap Minggu pagi.

Acara diawali dengan Apel Kebersihan di Tanah Kosong Pertanian Tengah Kelurahan Klender dirangkai dengan penyerahan secara simbolis sebanyak 354 Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi warga Klender. 

Walikota Jakarta Timur, M. Anwar dalam sambutannya mengatakan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih butuh dukungan dari masyarakat. Karena itu antara aparat dan masyarakat perlu bersinergi untuk menciptakan hal itu.

"Apa artinya walikota tanpa masyarakat. Karena itu semua harus dilakukan bersama dan saling mengingatkan. Dengan bergotong-royong, kita bisa menciptakan lingkungan hidup seperti yang diinginkan," kata Anwar, di Klender, Minggu (14/10/2018). 

Sejumlah aparat pemerintahan setempat turut hadir mendampingi walikota, Camat Jatinegara Nasrudin Abubakar, Pelaksana Tugas (Plt) Duren Sawit Ibrahim, Lurah Klender Abdulrahman Hakim dan Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Cipinang Muara Sarjono. 

"Dengan lingkungan yang bersih akan mencerminkan kehidupan masyarakatnya. Karena keadaan lingkungan mempengaruhi kehidupan. Jika lingkungannya kotor dan sumpek maka dalam menjalani kehidupan akan tidak enak," tambah Anwar.

Aksi kebersihan sendiri melibatkan sedikitnya 500 personil gabungan dikerahkan diantaranya, petugas gabungan yang meliputi unsur Satgas Satpol PP, Satgas Sudin Sumber Daya Air, Satgas Sudin Lingkungan Hidup, Satgas Sudin Gulkamart, Satgas Sudin Binamarga, Satgas Sudin Kehutanan dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), TNI/Polri dan masyarakat sekitar.

Aksi Gotong Royong kebersihan antara masyarakat dan jajaran pemerintah difokuskan pada sejumlah lokasi. Diantaranya pembersihan sampah dan pengerukan sendimen di Kali Sunter yang menjadi pembatas atar dua wilayah RW.02 Kelurahan Klender Kecamatan Duren Sawit dan RW.05 Cipinang Muara Kecamatan Jatinegara. Serta dan membersihkan sampah dilingkungan sekitar. (indra)