Logo Jumat, 22 Februari 2019
images

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar .

JAKARTA, KORANMETRO.com - Pemerintah Kota Adminstrasi Jakarta Timur bakal membongkar berbagai bangunan liar yang didirikan tanpa izin atau bangunan yang menyerobot lahan Pemda DKI. 

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar menjelaskan pihaknya menargetkan tahun ini wilayahnya sudah steril dari bangunan tak berizin ini. Semua bangunan bodong yang berdiri diatas lahan pemprov bakal ditertibkan dalam waktu dekat. 

"Muda - mudahan. Kita berharapnya seperti itu tahun 2019 Jakarta Timur bersih dari bangunan liar," kata Anawar saat dihubungi Rabu (23/1/2019).

Anwar menjelaskan kawasan yang menjadi target penertiban adalah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Bila ada bangun yang dirikan diatas jalur RTH maka pihaknya tak segan - segan melakukan penindakan. 

Lahan RTH, kata Anwar, hanya bisa didirikan bangunanan yang difungsikan untuk kepentingan masyarakat semisal pos ronda dari RT atau RW. "Pokoknya lahan hijau enggak boleh dibangun. Kecuali untuk kepentingan masyarakat," tegasnya.

Pemda DKI sendiri baru memiliki 9,98 persen RTH. Jumlah ini masih jauh dari target yakni 30 persen. Pemda DKI  menargetakan bakal memilki 15 hingga 18 persen lahan hijau pada tahun ini.

Lantara target capaian ruang RTH ini masih jauh dari target, Anwar menyebut pihaknya bakal membantu Pemda dengan menertibkan bangunan yang bercokol di atas lahan milik pemerintah. 

Selain itu lanjut Anwar penertiban bangunan di atas lahan RTH  juga sebagai upaya Pemkot Jakarta Timur menjaga aset Pemda agar tak lepas ketangan oknum - oknum curang.  "Sekarang aset kita harus dijaga kita rawat sekarang kalo enggak kita jaga banyak aset yang lepas," tukasnya.

Pembangunan RTH di Ibu Kota menjadi salah satu misi pemerintahan Gubernur Anies Basewedan. Pemprov DKI memiliki komitmen menjadikan RTH sebagai. bagian ekosistem perkotaan. 

RTH pada masa pemerintahan Anies  dinamakan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar, bukan bernama RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak). 

Selain berfungsi ekologis, RTH juga berfungsi sosial sebagi ruang publik bagi warga ibu kota yang dimanfaatkan untuk tempat bermain ramah anak, perpustakaan, berolahraga dan bersosialisasi.  "Karena itu, Pemprov DKI akan mengembangkan Taman Maju Bersama dan Taman Pintar," kata Anies beberapa waktu lalu. (dra)