oleh

Terkait Penangkapan Peredaran Ganja Jaringan Kampus di Jakarta, Ini Jawab Gubernur Anies

JAKARTA, KoranMetro.com – Beberapa waktu lalu, Polres Jakarta Barat berhasil mengungkap jaringan pemasok ganja dengan alur peredaran di lingkungan kampus – kampus di Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Rayid Baswedan mengapresiasi langkah dari penegak hukum yang berjibaku memberantas peredaran narkoba di lingkungan pendidikan. Namun, Gubernur Anies mengimbau, agar dalam pemberantasan narkoba tidak hanya pada satu sisi saja.

Sebab, Gubernur Anies menjelaskan, akan lebih efektif bila memotong mata rantai peredarannya ditambah upaya rehabilitasi pada pengguna barang haram itu. Bila tak ada upaya rehabilitasi maka permintaan akan suplay narkoba akan tetap ada.

“Perlu jadi catatan kalau hanya konsentrasi memotong suplainya tapi demand-nya tidak dipotong kita akan kucing – kucingan terus seperti sekarang ini karena demand ada terus demand harus dikurangi,” kata Gubernur Anies saat ditemui di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat Rabu (31/7/2019).

Di sisi lain, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) ini turut pula mengajak masyarakat DKI Jakarta untuk melakukan rehabilitasi bila ada anggota keluarga ataupun kerabat yang memiliki ketergantungan pada narkoba.

Pasalnya, rehabilitasi diyakini bisa menangkal peredaran narkoba lantaran penggunanya akan terus berkurang.

“Saya mengajak ke semua keluarga orang tua mari pelajari tanda – tanda bila seseorang memiliki ketergantungan pada narkoba bisa anak muda orang tua karena narkoba tak kenal umur pelajari tanda itu, lalu bila di antara keluarga lingkungan kampung ada yang punya tanda itu ajak bicara dan ajak rehabilitasi,” imbaunya.

Bahkan, agar terealisasinya dalam memutus rantai narkoba, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung penuh bila ada masyarakat yang beriniat sembuh dari ketergantungan narkoba dengan memfasilitasi warga yang ingin rehabilitasi.

“Kami di Pemprov siap mendukung karen kami punya fasilitassnya untuk rehab jadi nomor satu mengurangi demand terhadap narkoba itu tugas masyarakat dan pemerintah,” ucap Gubernur Anies.

Seperti diketahui, Polres Metro Jakarta Barat meringkus oknum peredaran ganja dengan jaringan peredaran di sejumlah kampus Jakarta. (dra)

Komentar

News Feed