oleh

UP PTSP Jaktim Launching Aplikasi Sistem ZIRAKOM

JAKARTA, KoranMetro.com – Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Administrasi, Jakarta Timur (Jaktim) launching aplikasi Perizinan Menara Telekomunikasi berbasis web atau Sistem ZIRAKOM.

Kepala PTSP Jaktim, Desti Ernaningsih mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi baru berbentuk pelayanan publik yang bertujuan mempermudah dan mempercepat proses perizinan menara telekomunikasi.

Sebelum adanya aplikasi ini, pengurusan perizinan menara telekomunikasi masih dilakukan secara manual.

Hingga memakan waktu lama bagi masyarakat dalam pengurusannya ke DPM PTSP Provinsi DKI Jakarta dan UP. PTSP Jaktim.

“Karena kewenangan perizinan menara masih terbagi antara DPM PTSP Provinsi DKI Jakarta untuk rekom zona dan izin penempatan perangkat telekomunikasi (IPPT),” ucap Desti saat ditemui di UP. PTSP Jaktim, Senin (9/9/2019).

Lanjutnya Desti memaparkan di UP PTSP Jaktim untuk Tata Letak Bangunan (TLB) Menara dan IMB Menara, masing-masing mengeluarkan output yang diperlukan sebagai persyaratan izin menara telekomunikasi.

“Dengan adanya inovasi Sistem Zirakom yang mengintegrasikan pelayanan perizinan menara telekomunikasi anatar DPM PTSP dengan UP PTSP Jaktim dengan kewenangan tetap berada pada masing-masing, sehingga masyarakat atau pengusaham menara tidak harus bolak balik ke DPM PTSP DKI Jakarta dan UP PTSP Jaktim,” papar Desti.

Program ini turut pula mempermudah pengajuan bagi para pemohon yang hanya dalam pengajuannya bersyaratkan 1 kali berkas untuk 4 perizinan yaitu, Rekom Zona, IPPT, TLB, dan IMB Menara.

“Dengan adanya pelayanan yang menggunakan aplikasi sistem yang terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan menara telekomunikasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, launching aplikasi Sistem ZIRAKOM yang bertempat di Ruang UP. PTSP Jaktim turut pula dihadiri oleh Walikota Kota Jakarta Timur, unit terkait dan beberapa Pengusaha Menara Telekomunikasi. (dra)

Komentar

News Feed